Jakarta, CNN Indonesia —

Setiap program diet akan fokus pada asupan makanan-makanan tertentu. Namun, tak semua makanan untuk diet terasa enak di mulut.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa pilihan makanan enak untuk diet demi mendapatkan berat badan ideal.

Pada dasarnya diet sendiri merupakan pola makan yang mengonsumsi makanan dengan cara yang teratur, baik dari segi pilihan, porsi, hingga waktu makan. Diet berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan menurunkan berat badan.


Beberapa makanan seperti sayur dan buah-buahan umumnya punya peran penting dalam program diet. Begitu juga dengan sumber makanan lainnya.

Yang jelas, konsumsi banyak makanan yang mengandung protein, serat, dan karbohidrat sehat bisa membuat Anda merasa berenergi dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Berikut ada beberapa pilihan makanan enak untuk diet yang bisa Anda coba.

1. Yogurt Yunani

Four yogurts in white plastic cups on pink background with copy space. Strawberry pink yoghurt with spoon in it. Minimal style. Concept of better choice.Yogurt Yunani jadi salah satu makanan enak untuk diet yang bisa jadi menu sarapan sehat Anda. (iStockphoto/alexialex)

Yogurt Yunani mengandung protein yang jumlahnya dua kali lipat dari yogurt biasa.

Sebagaimana diketahui, mengutip Today, protein dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pilih yogurt Yunani plain agar menghindari gula tambahan.

2. Telur

Ilustrasi telurIlustrasi. Selain murah dan mudah didapat, telur juga jadi pilihan makanan yang enak untuk diet. (morgueFile/pdalgarno)

Telur adalah salah satu pilihan makanan favorit untuk diet. Selain harganya murah, rasanya juga enak.

Selain itu, telur juga mengandung protein yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi telur rebus untuk sarapan atau camilan yang hanya mengandung sekitar 100 kalori. Atau, buat telur dadar dengan bayam, tomat, dan jamur untuk makan malam.

3. Selai kacang

Ilustrasi Selai KacangIlustrasi. Sebagai makanan yang enak untuk diet, selai kacang memberikan rasa yang gurih. (stevepb/Pixabay)

Selai kacang bisa menjadi penambah dosis protein, serat, dan lemak sehat. Selai kacang juga akan terasa lebih enak dibandingkan sekadar butter atau mentega pada roti gandum Anda.

4. Apel

Ilustrasi apelIlustrasi. Apel memang telah dikenal sebagai makanan yang enak untuk diet. (Pixabay/skeeze)

Apel memang kerap jadi pilihan buah untuk diet. Satu buah apel kecil hanya mengandung 78 kalori, namun dengan serat sebesar 4 gram.

Iris apel untuk dijadikan camilan di siang hari, berikan olesan selai kacang atau panggang dengan kayu manis.

Simak pilihan makanan enak untuk diet lainnya di halaman berikutnya…

10 Pilihan Makanan Enak yang Cocok untuk Diet

BACA HALAMAN BERIKUTNYA