Jakarta, CNN Indonesia —

Tim nasional Prancis menang tipis 1-0 atas Jerman dengan susah payah dalam laga Agregasi F Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Allianz  Arena, Rabu (16/6) dini hari waktu Indonesia.

Keunggulan Prancis itu diperoleh di babak pertama menggunakan gol bunuh diri Mats Hummels  di menit ke-20 setelah salah mengantisipasi korban Lucas Hernandez.

Prancis  terus meningkatkan serangan di babak kedua. Di menit ke-52, Adrien  Rabiot mendapat umpan terobosan lantaran Kylian Mbappe. Akan namun, Rabiot seperti ragu-ragu di dalam menyerang langsung ke pertahanan Jerman.


Setelah berhasil mencapai kotak penalti Jerman, Rabiot menghapuskan tendangan kaki kiri, namun bola membentur tiang depan. Peluang lebih bagus mampu didapat Prancis seandainya Rabiot memberikan bola kepada Griezmann yang berlari dari kecil.

Jerman tepat merespons serangan Rabiot tersebut melalui peluang dari Serge Gnabry. Robin Gosens melepaskan umpan silang dari kiri.

Gnabry dengan berada di kotak hukuman menyambutnya dengan tendangan first time kaki kanan, namun bola hanya melayang tipis di atas gawang Lloris.

Pada menit ke-58, kemelut terjadi pada depan gawang Lloris sesudah umpan silang Joshua Kimmich bisa disapu bersih pertahanan Prancis.

Bola liar langsung ditembakkan Tony Kroos ke gawang Prancis. Beruntung bagi juara Piala Dunia 2018 itu, tendangan Kroos mengenai Gosens yang masih tergeletak di depan gawang Lloris dan di dalam posisi offside.

Di babak kedua, gempuran Jerman lebih intensif dibandingkan dengan babak pertama. Akan tetapi, tetap saja tidak ada tembakan on tumpuan dari tim asuhan Joachim Low tersebut.

Mbappe sempat membobol tiang Neuer pada menit ke-66 lewat tendangan placing daripada sisi kiri. Akan tetapi, gol itu dianulir setelah hakim garis mengangkat bendera dari pinggir lapangan. Mbappe dianggap dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan Pogba.

Di menit ke-78, Mbappe dijatuhkan Hummels di kotak penalti setelah menerima umpan terobosan Benzema. Hanya saja, wasit Carlos del Cerro Grande tidak menganggapnya sebagai pengingkaran dan memberikan penalti kepada Prancis.

Tiang Neuer kembali bobol dalam menit ke-85 oleh Karim Benzema usai memaksimalkan umpan mendatar Mbappe. Meski begitu, wasit Cerro Grande mengangkat menggunakan VAR sebelum mengesahkan gol itu yang mendapat protes dari para pemain Jerman.

Pemeriksaan dari VAR memutuskan Mbappe lebih dahulu dalam gaya offside saat menerima sasaran terobosan Paul Pogba.

Pada sisa musabaqah, Jerman lebih banyak menekan Prancis. Hanya saja, Manuel Neuer  dan kawan-kawan pengganggu membobol gawang Hugo Lloris. Prancis pun hanya menang tipis 1-0 atas Jerman.

Lapisan Pemain:

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Kimpembe, Lucas, Pogba, Kante, Rabiot, Griezmann, Mbappe, Benzema

Jerman: Neuer, Ginter, Hummels, Rudiger, Kimmich, Kroos, Gundogan, Gosens, Havertz, Muller, Gnabry

(sry/nva)