Jakarta, CNN Indonesia —

Sertifikat vaksin Covid-19 di situs PeduliLindungi bisa di-download melalui ponsel Android dan iOS. Namun bisa juga bagi masyarakat yang lupa dengan status vaksinnya, bisa juga mengecek sendiri di situs tersebut.

Sertifikat vaksin di PeduliLindungi bisa dicek sendiri dengan cara berikut:

Lewat SMS

Setelah melakukan vaksinasi, pengguna biasanya akan mendapat SMS berisi tautan ke sertifikat vaksin yang ada di laman pedulilindungi.


Pengguna akan mendapat pemberitahuan SMS setiap selesai melakukan vaksinasi Covid-19 tahap 1 dan 2. Sehingga total akan terdapat 2 SMS yang diterima. Dari sana kita juga dapat mengecek sertifikat vaksinasi.

Untuk mengecek sertifikat vaksin Covid-19, klik tautan yang ada pada SMS untuk memunculkan sertifikat yang diinginkan, apakah bukti sertifikat vaksin tahap 1 atau 2. Tautan itu akan membawa pengguna ke laman web Peduli Lindungi.

Pengecekan lewat situs

Kita juga dapat mengetahui dengan mengecek sertifikat lewat https://pedulilindungi.id/.

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mengecek, download, dan cetak sertifikat vaksin tahap 1 dan 2 lewat situs Peduli Lindungi sebagai berikut:

1. Untuk dapat menampilkan sertifikat vaksin di situs ini, Anda harus login terlebih dulu. Sebab, jika Anda langsung melakukan pencarian status lewat bar pencarian di halaman awal situs ini tanpa login, data yang ditampilkan tidak akurat. Misal, Anda hanya tertulis sudah melakukan satu kali vaksin, padahal sudah selesai dua kali. Jika sudah login dengan nomor ponsel yang tepat, maka akan tertera data yang benar.

2. Sebaiknya, login dulu nomor telepon yang akan digunakan untuk mendaftar vaksin atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke SMS nomor ponsel. Sebab jika salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.

Setelah melakukan login dengan data yang tepat, maka sertifikat vaksin tahap 1 dan 2 bisa dilihat.

1. Klik Login/ Register di sudut kanan atas situs.
2. Jika sudah memiliki akun, klik Login sekarang. Jika belum pernah membuat akun, pilih Buat akun PeduliLindungi.
3. Masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.
4. Jika sudah login, klik profil yang tertera dengan nama depan pengguna di sudut kanan atas
5. Lantas pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Lalu klik menu “Sertifikat Vaksin”, lantas Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.

Lewat aplikasi

Sertifikat vaksin untuk mengecek status vaksinasi juga bisa dilihat lewat aplikasi PeduliLindungi yang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS.

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi melalui Google Playstore maupun Apple Appstore.
2. Login dengan nomor ponsel yang terdaftar saat melakukan vaksinasi.
3. Masuk ke akun PeduliLindungi Anda dengan kode OTP SMS yang dikirim ke nomor ponsel.
4. Klik ikon akun yang terletak di pojok kanan atas aplikasi PeduliLindungi, lalu pilih Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin.
5. Pilih sertifikat vaksin tahap 1 atau 2 yang ingin ditampilkan.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]