Jakarta, CNN Indonesia —

Produser Oscar 2021 , Steven Soderbergh, membuka suara terkait kontroversi perubahan susunan acara ajang film yang berlangsung 25 April cerai-berai. Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari sosok almarhumah Chadwick Boseman.

Oscar 2021 lalu menjelma perbincangan karena sejumlah hal, pertama adalah perubahan lapisan acara yang diakhiri secara kategori Best Actor. Padahal biasanya kategori paling akhir untuk diumumkan adalah Best Picture.

Kemudian adalah hasil dari kategori Best Actor yang anjlok pada Anthony Hopkins. Padahal banyak pihak memprediksi Oscar untuk Best Actor akan jatuh kepada Chadwick Boseman dan diberikan sebagai penghargaan anumerta.


“Kami berpikir mungkin hendak menyenangkan mengacaknya sedikit, terutama bila masyarakat tidak tahu itu yang akan berlaku, ” kata Soderbergh, dikutip dari  ET yang rilis pada Rabu (5/5). “Jadi itu selalu menjadi bagian dari rencana, ”

Soderbergh mengakui pihak penyelenggara Oscar memprediksi kalau Chadwick Boseman akan memimpin kategori Best Actor.

Sehingga, ide menggeser Best Actor menjadi kategori terakhir sehingga akan menjadi momen penutup acara sekaligus persembahan pada Boseman adalah impian para perancang acara.

“Dan ketika nominasi keluar dan ada bahkan peluang bahwa Chadwick bisa memimpin anumerta, perasaan kami ialah bila ia menang dan istrinya berbicara atas namanya, maka akan berakhir semacam itu [tidak dikejar sesi lainnya]. Jadi kami tetap pada pilihan tersebut, ” kata Soderbergh.

Meski peluang Boseman untuk menang belum tentu, Soderbergh mengakui bayangan & asumsi itu sudah menjadi cukup alasan untuk menggeser Best Actor dan Best Actress jadi penutup acara.

Namun seluruh berubah ketika amplop dengan isinya tak diketahui sapa pun itu dibuka oleh Joaquin Phoenix dan diumumkan Hopkins sebagai pemenangnya. Hopkins bahkan tidak hadir sebab berada di Wales. Iklim itu yang membuat Oscar 2021 ditutup dengan kejadian yang kacau.

“Jadi tidak seperti yang kami asumsikan, tetapi bila ada kemungkinan hal itu akan terjadi, kau kudu memperhitungkannya, ” kata Soderbergh. “Itu jadi momen dengan mengecewakan, bahwa untuk kembali ke masa itu tidaklah mungkin terjadi, ” lanjutnya.

Sementara itu, Hopkins tunggal mengaku tidak menyangka bakal memenangkan penghargaan tersebut. Oleh sebab itu ketika ia mengetahui dirinya menang alih-alih Boseman, dia pun memberikan penghormatan istimewa kepada pemeran Black Panther itu.

“Dan [saya] benar berterima kasih kepada the Academy, dan terima berseloroh, dan saya ingin memberikan penghormatan kepada Chadwick Boseman, yang meninggalkan kita terlalu awal, dan sekali sedang apresiasi banyak, ” prawacana Anthony dalam sebuah gambar di media sosialnya, beberapa jam setelah Oscar 2021 berakhir.

“Saya sungguh tidak menyangka itu. Jadi saya merasa benar beruntung dan terhormat. Terima kasih, ” kata Anthony Hopkins.

Belahan kandung mendiang Chadwick Boseman, Derrick Boseman, pun mengaku ikhlas menerima kekalahan pemeran Ma Rainey’s Black Bottom itu dalam ajang penghargaan Academy Award ke-93 atau Oscar 2021.

Derrick memastikan seluruh keluarganya tidak kecewa ketika nominasi kategori terbaik jatuh ke tangan Anthony Hopkins dengan diumumkan pada akhir kesibukan. Bahkan ia dan keluarganya mendoakan Hopkins yang unggul.

“Saya yakin (Hopkins) akan melakukannya (hal yang sama) jika Chad menang, ” kata Derrick.

(end)

[Gambas:Video CNN]