Jakarta, CNN Indonesia —

Dewan Ketenteraman Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ) menyerukan kedua mengacaukan pihak baik Israel maupun Hamas untuk tunduk dalam kesepakatan gencatan senjata sudah konflik selama sebelas hari yang telah membunuh ratusan sipil.

Pekik itu dibuat Dewan Kebahagiaan PBB dalam sebuah kata sepakat bersama.

“Dewan Keamanan menyambut baik pengumuman gencatan senjata yang dimulai 21 Mei dan mengakui peran istimewa Mesir, negara-negara kawasan lain” bunyi pernyataan bersama Jawatan Keamanan PBB, dikutip sejak AFP , Rabu (23/5).


“Dan menekankan keinginan segera untuk bantuan kemanusiaan bagi penduduk sipil Palestina, khususnya di Gaza, ” lanjut pernyataan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Hamas berlaku di dalam Jumat (21/5) sehari sesudah Presiden AS Joe Biden menyerukan, “penurunan yang signifikan”, atas konflik di Kolom Gaza ke Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Desakan Biden itu terjadi di tengah usulan mediasi oleh Mesir, Qatar, dan PBB.

Sementara itu Perdana Gajah Israel Benjamin Netanyahu dengan sebelumnya menghadiri pertemuan secara para pejabat tinggi kebahagiaan menjanjikan akan mencapai haluan kampanye militer yakni pemulihan ketenangan dan keamanan untuk warga Israel.

(ain/ain)

[Gambas:Video CNN]