Jakarta, CNN Indonesia —

Enam daripada delapan perempat finalis Euro 2020 ( Euro 2021 ) sudah diketahui, termasuk negara-negara yang pernah menjadi juara Beker Eropa seperti Italia, Spanyol dan Denmark. Berikut 6 tim yang lolos ke perempat final Euro 2020.

Swiss dan Spanyol menjadi dua negara terakhir yang memastikan wadah di babak perempat final Euro 2020.

Swiss lolos ke perempat final setelah mengalahkan satu diantara favorit juara, Prancis. Swiss unggul lebih dulu melalaikan Haris Seferovic.


Prancis kemudian menyamakan kedudukan sekaligus bangkit melalui dua gol Karim Benzema dan suatu gol Paul Pogba di babak kedua.

Gol kedua Seferovic & gol menit-menit akhir Mario Gavranovic membuat laga bersambung ke babak tambahan. Musabaqah 2×15 menit yang dilaksanakan kemudian tidak menghasilkan lulus.

Dalam sesi adu penalti, semua pengeksekusi Swiss mampu menyarangkan bola. Sementara Kylian Mbappe, pelaksana terakhir Prancis, menjadi satu-satunya pemain yang tak sanggup membobol gawang Yann Sommer.

Sebelumnya Spanyol lebih dulu memastikan tiket ke perempat final. Kemajuan 5-3 membawa anak menuntun Luis Enrique berpeluang mengambil trofi Henry Delauney untuk kali keempat setelah 1964, 2008, dan 2012.

[Gambas:Video CNN]

Spanyol kudu menjalani pertandingan selama 120 menit. Sempat tertinggal lebih dulu karena gol pati padam diri Pedri, Spanyol bangun berkat gol Pablo Sarabia.

Pada bengkak kedua Spanyol sempat arah memimpin setelah Cesar Azpilicueta dan Ferran Torres membobol gawang Kroasia. Namun menjumpai akhir babak kedua Mislav Orsic dan Mario Pasalic memaksa laga berlangsung had extra time.

Dalam babak tambahan itu, Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal mencetak gol kemenangan untuk Spanyol.

Juara bertahan Portugal diperkirakan gagal melangkah ke perempat final usai takluk daripada Belgia. Sementara juara Piala Eropa 1988, Belanda, serupa terhenti di 16 gembung karena kalah dari Republik Ceko.

Banner Euro 2020

Pada hari pertama pengoperasian 16 besar, Denmark serta Italia lebih dulu meraih kemenangan dan meraih tiket ke perempat final.

Sementara hari belakang 16 besar akan menampilkan laga Inggris vs Jerman dan Swedia vs Ukraina.

6 Awak Lolos Perempat Final Euro 2020:

1. Denmark
2. Italia
3. Republik Ceko
4. Belgia
5. Spanyol
enam. Kroasia

(nva/sry)