Jakarta, CNN Indonesia —

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate sangat waspada terhadap semangat juang timnas Denmark di semifinal Euro 2020 (Euro 2021) yang dipengaruhi oleh insiden Christian Eriksen.

Southgate menyadari Denmark melalui jalan yang berliku menuju babak semifinal. Kalah di dua laga awal, plus kehilangan Christian Eriksen yang kolaps dan berada dalam kondisi kritis, Denmark lalu bangkit dan kini berdiri di babak semifinal.

“Saya bisa membayangkan hal yang sudah terjadi pada tim Denmark dan ikatan mereka saat ini. Melihat perjalanan mereka, hubungan mereka dengan suporter. Sungguh luar biasa kuat.”


“Mereka melaju dan datang ke Wembley diiringi gelombang ikatan emosional yang kuat. Itu adalah energi yang sangat besar,” ucap Southgate seperti dikutip dari Mirror.

Southgate sendiri yakin bahwa skuad asuhan miliknya punya peluang untuk meredam dan menghentikan laju Denmark di turnamen ini.

Denmark's Thomas Delaney celebrates after scoring his side's opening goal during the Euro 2020 soccer championship group quarterfinal match between the Czech Republic and Denmark at the Baku Olympic Stadium in Baku, Azerbaijan. (Dan Mullan, Pool Photo via AP)Denmark tampil mengejutkan dan mampu menjejakkan kaki di babak semifinal Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Dan Mullan)

“Saya tahu bahwa para pemain saya bisa ada di level terbaik ketika mereka tampil tenang dan fokus memainkan laga di semifinal nanti,” ucap Southgate.

Southgate sebelumnya meyakini bahwa para pemain Inggris tak akan berpuas diri setelah menjejakkan kaki ke semifinal.

“Saya rasa bagian terbaik dari kami adalah kami tidak merasa sepenuhnya puas. Ini hanya semifinal bagi kami. Mungkin tiga tahun lalu, kami mengalami kekecewaan besar setelah semifinal [Piala Dunia 2018] dan merasa bakal butuh perjalanan panjang untuk kembali mengulanginya.”

Banner Euro 2020

“Namun kami bisa mengulanginya saat ini dan hal itu tidak sepenuhnya cukup untuk memuaskan skuad ini. Jelas itu merupakan sebuah sinyal positif,” ucap Southgate.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)