Hidup di Bandung Mulai Buka, Kejadian Covid Diklaim Terkendali

Bandung, CNN Indonesia —

Wakil Wali Kota  Bandung  Yana Mulyana mengklaim  kasus  covid-19  telah terkendali seiring pembukaan bioskop di kota tersebut.

Yana tak menampik kota Bandung saat ini masih berstatus zona merah, namun nilai reproduksi virus covid-19 sudah berada di bawah 1.

“Sebetulnya sejak Juni sampai hari ini angka reproduksi virus dalam Kota Bandung di bawah angka 1, ” kata Yana di dalam keterangan tertulis, Minggu (11/10).


Yana mengatakan, angka reproduksi virus covid-19 sempat menyentuh  nilai 1, 22 pada 20 datang 23 September lalu.

Menurutnya, kenaikan angka reproduksi ini tak lepas daripada tes massif kepada 3 beribu-ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkungan pemerintah kota Bandung kira-kira waktu lalu. Sebanyak 10 tip di antaranya ternyata positif covid-19.

Namun sejak 24 September, kata dia, angka reproduksi berada di bawah 1.

“Alhamdulillah sejak 24 September sampai hari ini kita pada bawah satu. ASN sekitar 320 orang yang positif itu juga rata-rata OTG (Orang Tanpa Gejala). Kemarin pun sudah sembuh semua, ” kata Yana menerangkan.

Yana memastikan para pengelola bioskop telah melakukan simulasi dan membuat pernyataan menerapkan standar adat kesehatan yang sangat ketat agar tidak terjadi klaster baru.

Menurutnya, selama proses simulasi itu standar protokol kesehatan telah berjalan baik. Hanya saja menetapkan perbaikan dari sirkulasi udara sebab berada di ruangan tertutup.

“Waktu itu kita minta salah satunya memperbaiki sirkulasi, exhaust , setelah ditinjau lagi memang mereka sudah lakukan, ” ujarnya.

Perizinan sendiri, kata dia, telah diberikan sejak bulan morat-marit. Namun karena proses impor hidup, bioskop baru resmi dibuka pada 9 Oktober 2020.

Meski telah beroperasi, Yana mengutarakan, kunjungan masyarakat ke bioskop masih terbilang sepi. Menurutnya, masyarakat masih khawatir beraktivitas di ruangan tertutup. Apalagi pengunjung bioskop dibatasi 4-5 orang tiap studio.

“Kita juga sangat berhati-hati merelaksasi sektor ekonomi karena tidak cuma menerapkan standar protokol kesehatan saja, ” tuturnya.

Yana juga telah meminta pengelola hidup untuk membuat surat pernyataan apabila tidak menerapkan standar protokol ketat dan menjadi klaster baru, oleh sebab itu bioskop harus kembali tutup.

Sebelumnya sebesar bioskop di Bandung memutuskan buat kembali beroperasi pada Jumat (9/10) meski status ibu kota Jawa Barat itu masih zona merah.

Sebanyak 9 dibanding 15 bioskop telah mendapat izin dari Satuan Tugas Penanganan covid-19 Kota Bandung.

Tetapi pembukaan bioskop harus memenuhi kondisi di antaranya pembatasan jumlah penonton dan jam operasional hingga jam 20. 00 WIB.

Sejumlah bioskop yang buka dalam antaranya CGV Paris Van Java, Metro Indah Mall, Kings, Ciwalk, dan Cinema Polis Istana Plaza.

(psp)

[Gambas:Video CNN]