Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut bermain bola bersama anak-anak Papua dalam pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10).

Jokowi memberikan kejutan penonton yang hadir di Stadion Lukas Enembe. Dalam seremoni tersebut, orang nomor satu di Indonesia itu turun ke lapangan menendang si kulit bundar.

Permainan bola Jokowi dengan tiga anak Papua dipimpin mantan pemain Persipura Jayapura, Jack Komboy. Dikutip dari Antara, tampilnya Jokowi dalam permainan itu setelah mendapat ajakan dari salah satu anak yang tengah mengoper bola bersama Komboy.


“Pak Presiden, bergabunglah dengan kami, dukung kami di sini,” ucap anak itu.

Menanggapi panggilan tersebut, Jokowi meninggalkan kursi VVIP di venue pembukaan dan menuruni tangga ke panggung utama dan bergabung bersama anak-anak itu.

Jokowi bermain bola selama tiga menit bersama Jack Komboy dan ketiga anak Papua yang dengan lincah menerima serta mengoper bola.

Setelah bermain bola Presiden Jokowi menerima tifa, alat musik tabuh tradisional asli Papua. Tifa itu dibawakan seorang penari dengan pakaian adat Papua.

Jokowi memainkan tifa yang diikuti oleh tamu VVIP lain. Permainan tifa Jokowi dan tamu lain itu menandai dibukanya PON Papua 2020 secara resmi.

[Gambas:Video CNN]

Sesaat kemudian Jokowi kembali ke kursinya, acara dilanjutkan dengan ikon sepak bola Papua Boaz Solossa yang membawa obor PON ke panggung utama dan menyalakan api di kuali. Nyala api PON di kuali disambut dengan pertunjukan kembang api yang cerah.

“Mari kita rayakan PON Ke-20 dengan gembira dan menjunjung tinggi nilai sportivitas, persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, dan persatuan di antara kita. Mari kita percaya bahwa pembangunan Papua akan terus berlanjut, dan mari kita berpartisipasi dalam menyukseskan PON,” kata Presiden Widodo di upacara pembukaan.

Sebanyak 7.066 atlet dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti PON Papua 2020 yang akan berakhir pada 15 Oktober 2021. Para atlet tersebut akan bertanding dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin, dan 679 nomor pertandingan.

(sry)