Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang pada hari ini, Senin (23/8). Jalan tol sepanjang 9,3 kilometer (km) merupakan bagian dari pembangunan enam ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

Alhamdulillah pada pagi hari ini, Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya dalam live peresmian Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan kehadiran jalan tol tersebut dapat meningkatkan daya saing komoditas Indonesia karena mempercepat arus logistik di DKI Jakarta dan kawasan sekitarnya. Apalagi, jalan tol ini juga terhubung dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.


“Kami harapkan dengan telah selesainya Jalan Tol Pulo Gebang- Kelapa Gading sepanjang 9,3 km ini, kecepatan distribusi logistik akan semakin baik, daya saing komoditas kita juga semakin baik,” imbuhnya.

Kepala negara juga menjelaskan pembangunan tol tersebut menggunakan skema pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Ia berharap model pendanaan tersebut bisa diterapkan pada pembangunan infrastruktur lainnya, sehingga bisa mengurangi ketimpangan.

“Saya harap skema pembiayaan seperti ini bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur seluruh provinsi di tanah air, sehingga mampu mengatasi ketimpangan antar daerah, antar provinsi dalam pembangunan infrastruktur dan kami harapkan akan mempercepat konektivitas kita,” ujarnya.

Sebagai informasi, pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta merupakan Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap yakni tahap 1 sepanjang 31,2 Km terdiri dari Seksi A Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 Km, Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 Km, dan Seksi C Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 Km.

Adapun nilai investasi pembangunan tahap 1 sebesar Rp20,73 triliun dengan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi-PT Adhi Karya (KSO).

[Gambas:Video CNN]

(ulf/sfr)