Kaidah Ide Merayakan Kemerdekaan 17 Agustus di Tengah Pandemi

Jakarta, CNN Indonesia —

Untuk kali pertama, Hari Kembali Tahun Republik Indonesia ( HUT RI ) dirayakan di tengah masa pandemi Covid-19 . Merayakan kemerdekaan Indonesia saat 17 Agustus tak lagi sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Upacara, perkumpulan, tenggat perlombaan dibatasi untuk mencegah penyaluran virus corona. Peringatan kemerdekaan Nusantara yang ke-75 pada 17 Agustus bakal dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sekalipun demikian, warga negara Indonesia lestari dapat menyemarakkan dan merayakan rujukan Hari Kemerdekaan ke-75 dengan tenang dan penuh rasa nasionalisme.


Berikut sebanyak cara aman dan kreatif memuliakan kemerdekaan Indonesia saat pandemi.

1. Mendaftarkan upacara bendera dari rumah

Peringatan HUT RI dengan ke-75 bisa dilakukan dengan memasukkan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih dari rumah. Upacara Pengibaran Bendera Pusaka dilakukan di Istana Negara pada 17 Agustus cepat. Upacara ini dapat disaksikan melalui televisi.

Upacara itu bakal dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara dilakukan oleh delapan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sekadar.

Sementara upacara kemerosotan bendera akan dilakukan pada burit harinya.

Bertentangan dari tahun-tahun sebelumnya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka  kali ini jumlahnya dibatasi, untuk ikut menyemarakkan HUT RI, Anda bisa menyimak prosesi upacara ini melalui televisi. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

2. Mengibarkan standar merah putih di rumah

Anda juga dapat mengibarkan bendera merah putih di sendi dengan seluruh anggota keluarga serumah. Lakukan upacara kecil-kecilan untuk mengibarkan bendera merah putih di halaman rumah,

Mengibarkan alam merah putih merupakan bentuk menghormati jasa para pahlawan Indonesia.

3. Mengikuti lomba online

Sejumlah lomba seolah-olah panjat pinang hingga makan kerupuk ditiadakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, lomba-lomba ini kini beralih menjadi lomba virtual.

Terdapat berbagai macam lomba kemerdekaan yang dapat diikuti dengan online. Lomba-lomba ini juga mengusulkan banyak hadiah. Pilihlah lomba dengan Anda minati dan berusahalah buat memenangkannya.

4. Menggunakan baju merah putih

Menghidupkan Hari Kemerdekaan juga dapat dilakukan dengan cara mengenakan baju dengan warna merah putih atau menggunakan baju tradisional. Anda juga dapat mengunggah gaya terbaik Anda zaman 17 Agustus melalui media sosial.

5. Kegiatan kaya di rumah

Lakukan sejumlah kegiatan kreatif di panti dengan mengikutsertakan anak dan semesta anggota keluarga. Anda bisa saja mengaitkan setiap kegiatan dengan sifat kemerdekaan.

Misalnya, membacakan sejarah kemerdekaan, menggambar bertema pahlawan, hingga lomba kecil-kecilan di sendi.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]