Jakarta, CNN Indonesia —

Wakil Presiden Ma’ruf Amin   memiliki komitmen buat menyejahterakan masyarakat di  Papua dan Papua Barat agar bisa sejajar secara wilayah lain yang ada di Indonesia.

Hal itu ia tekankan saat melantik 1. 000 orang Papua dan ikatan penyandang disabilitas sebagai pekerja BUMN di Istana Pengantara Presiden, Jakarta, Selasa (25/5).

“Saya ingin menekankan kembali bahwa pemerintah tetap teguh memegang dan melaksanakan janji untuk membangun dan memajukan kesejahteraan tanah Papua cocok dengan daerah lainnya, ” kata Ma’ruf.


Ma’ruf menegaskan bahwa komitmen tersebut tak akan terlaksana tanpa mendapat pertolongan dari berbagai elemen bani. Terlebih dukungan dari asosiasi Papua dan Papua Barat sendiri.

Ma’ruf  meminta semua elemen marga sama-sama membantu pemerintah buat meningkatkan kesejahteraan di desa Papua dan Papua Barat.

“Saya mencagarkan dan mengajak kita seluruh bersama-sama memberikan dukungan dengan terbaik dan menjaga iklim yang kondusif agar agenda percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat dapat secepatnya terlaksana, ” kata dia.

Selain itu, Ma’ruf serupa menyinggung pemerintah sudah memiliki pelbagai kebijakan afirmasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua. Salah satunya diterbitkannya Instruksi Presiden Cetakan 9 tahun 2020 mengenai Percepatan Pembangunan Kesejahteraan dalam Provinsi Papua dan Daerah Papua Barat.

Lalu, terdapat Keputusan Presiden Nomor 20 tahun 2020 tentang Awak Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Ia mengatakan pihaknya saat ini sedang memfinalisasi Agenda Aksi Tindak Lanjut Inpres tersebut.

“Rencana tindak lanjutnya mencakup 7 bidang prioritas yaitu Penanggulangan Kemiskinan, Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Pemberdayaan UMKM, Pencapaian SDG’s dan Infrastruktur, ” sirih dia.

(rzr/ain)

[Gambas:Video CNN]