Jakarta, CNN Indonesia —

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri   meresmikan patung Presiden pertama Soekarno alias Bung Karno   di depan biro Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI). Megawati berharap patung itu menjadi pengingat ajaran dan pengorbanan Bung Karno.

“Saya sangat berharap, kala kita melihat patung Bung Karno, maka mengingatkan kita akan ajaran, dan pengorbanan beliau kepada bangsa Nusantara, serta menginspirasi kita sebagai generasi penerus untuk melangsungkan usaha memajukan Indonesia, ” kata Megawati dalam peresmian yang digelar virtual, Kamis (20/5).

Megawati yang pula merupakan anak Bung Karno mengatakan patung di Lemhannas itu dibuat dengan mengacu Patung Bung Karno dalam Museum Blitar. Namun, ia menyebut ukurannya dibuat jauh lebih besar.


“Ukuran patungnya mencapai 4 meter, berbahan logam campuran terdiri dari tembaga, kuningan, timah, dan seng sari, warna patung perunggu kimia bakar, dan mempunyai berat kurang lebih besar ton, ” ujarnya.

Patung yang diresmikan itu menunjukkan pose Bung Karno yang tengah bersandar membaca buku. Menurut Megawati, pose itu menunjukkan bahwa Lemhannas merupakan lembaga pelajaran bagi para calon kepala bangsa.

“Bung Karno seorang yang senang membaca buku, oleh pokok itu terinspirasi dan tergerak melahirkan gagasan dan kebijaksanaan revolusioner, bukan hanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, tapi bagi terwujudnya gerak kebebasan bangsa-bangsa Asia-Afrika, hingga perdamaian dunia, ” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan alasan dirinya meresmikan Arca Bung Karno bertepatan dengan peringatan 56 tahun Lemhannas. Ia menyebut sebagai budak dari Bung Karno Lemhannas merupakan lembaga yang tidak asing baginya.

“Bung Karno, Proklamator Kebebasan Indonesia berulang kali menyampaikan kepada saya, bagaimana mewujudkan Indonesia yang sepenuhnya kerajaan, dan mampu meletakkan dasar-dasar pertahanan dan keamanan dengan sesuai dengan geopolitik serta kultur Indonesia, ” katanya.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]