Menpora soal TC Timnas Indonesia Molor: Itu Urusan PSSI

Jakarta, CNN Indonesia —

Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) Zainudin Amali angkat bicara soal pemusatan latihan (TC)  Timnas Indonesia U-19 molor selama persiapan menuju Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, PSSI menjadwalkan TC Timnas Indonesia U-19 dan senior digelar bersamaan mulai 24 Juli lalu. Namun atas permintaan pembimbing, Shin Tae Yong ,   PSSI menunda latihan tersebut ke 1 Agustus. Belakangan hingga Selasa Selasa (4/8), TC Timnas Indonesia belum juga dimulai.

“Ini saya mau pikiran pertanyaan, ini belum mulai latihan. Kami tidak ikut campur perkara itu [TC Timnas belum dimulai] karena dari awal kami jelas pokok di penyelenggaraan. Sementara timnas adalah urusan PSSI dengan penanggungjawabnya ialah Ketum PSSI, ” kata Menpora Zainudin melalui pernyataan resmi dengan diterima CNNIndonesia. com .


Atas mundurnya jadwal latihan itu, sempat tersiar rumor ada pemain Timnas tentu Covid-19 sehingga TC belum bisa digelar. PSSI melalui Ketua Ijmal, Mochamad Iriawan langsung membantah ada pemain yang terpapar Covid-19, Senin (27/7).

Sepekan kemudian atau Senin (3/8), PSSI balik mengeluarkan rilis yang berisi penjelasan Iwan Bule yang mengatakan bahwa latihan perdana Timnas Indonesia menikmati penundaan karena masih menunggu hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) melalui swab. Jadwal terbaru menyuarakan TC akan berlangsung pada Sabtu (8/8) mendatang.

Para pemain Timnas Indonesia serta Timnas U-19 menjalani tes swab sebelum memulai pemusatan latihan (TC), Jumat (24/7). (Dok. PSSI)

“Kami masih menunggu hasil swab test yang dilakukan pada hari Kamis lalu. Hasil swab test tidak bisa cepat sebab total yang mengikuti banyak, dekat 100 orang (pemain dan ofisial), ” kata Iwan Bule dilansir dari situs resmi PSSI.

Inpres Selesai Pekan Ini

Sementara itu, terkait Instruksi Presiden (Inpres) tentang Beker Dunia U-20 2021, Menpora menyebut akan selesai dalam satu-dua hari ke depan. Untuk diketahui, Inpres berisi tugas kerja yang diperintahkan Presiden untuk Kementerian dan lembaga terkait.

Sedangkan Keppres atau Keputusan Presiden berisi struktur kepanitiaan di INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee).

“Kami sedang menyiapkan Inpres sebab itu yang penting menyangkut peremajaan tempat pertandingan dan latihan. Keputusan sudah ada enam venue, tersebut lagi dikebut. Kementerian PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] yang bertanggung tanggungan sedang menyiapkan infrastruktur mereka butuh waktu. ”

“Kami tidak mau mendadak dan sempit, maka kami fokus ke Inpres. Mudah-mudahan 1-2 hari ini (Inpres) selesai. Kemudian kalau prinsip pembicaraan sudah tak ada masalah, setelah itu baru Keppres dan tersebut juga tak ada masalah, ” sebut Menpora.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/bac)