Jakarta, CNN Indonesia —

Terkait insiden dengan menewaskan Jason Dupasquier , pembalap MotoGP   Miguel Oliveira menilai motor-motor yang digunakan dalam balapan Moto3 terlalu cepat dan bisa menimbulkan bahaya.

Oliveira merupakan keluaran Moto3 yang sudah melakukan musim ketiga di MotoGP. Pembalap asal Portugal tersebut punya pengalaman memacu motor Moto3 sejak 2011 tenggat 2015.

Menurutnya kini motor-motor di Moto3 lebih kencang dibanding masa ia masih balapan pada kelas tersebut.


“Di Moto3 mereka melaju terlalu cepat. Tentu ini kira-kira bagus sebagai pertunjukan, tetapi ini menjadi makin sulit bagi pembalap untuk tak takut dan terus bersaing. Situasi yang berbahaya walaupun hanya ajang uji coba, ” ucap Oliveira dikutip dari Corsedimoto.

“Sulit untuk mengubah sesuatu. Pada akhirnya ini ialah kategori yang berbeda. Semua mencari referensi untuk lekas, dan dekat. Ketika Kamu memliki tikungan dengan sudut buta seperti di Portimao atau di sini di Mugello, akan sulit tahu para pembalap, ” sambungnya.

Kecelakaan seperti yang dialami Dupasquier, terjatuh dan terhantam motor lain, disebut Oliveira menjadi kecelakaan yang tidak asing dalam kurun satu dasawarsa terakhir.

Oliveira yang menempati status kedua di MotoGP Italia 2021 pun mengaku tidak bisa konsentrasi penuh ketika balapan, seperti yang dialami pembalap lain, setelah perihal yang menimpa Dupasquier.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

“Sulit bagi semua orang untuk tetap fokus. Sebelum memacu motor ada pengormatan selama kepala menit… Tetapi Anda harus memapu melupakannya dan fokus pada pekerjaan Anda dengan juga merupakan gairah tumbuh Anda, ” ujar Oliveira.

Live streaming MotoGP Catalunya   mampu disimak di CNNIndonesia. com dan siaran langsung balapan dapat ditonton di Trans7.

(nva/nva)