OJK: Maybank Bisa Tarik Uang Substitusi Jika Nasabah Terlibat

Jakarta, CNN Indonesia —

Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) menyatakan proses hukum kasus pembobolan rekening atlet e-Sport Winda Lunardi yang raib Rp22 miliar di PT Bank Maybank Indonesia Tbk tetap berjalan. Proses hukum tidak disetop meski Maybank Indonesia akan mengganti rugi uang Winda yang jatuh tersebut.

Meski begitu, Deputi Komisioner Humas dan Pemasokan OJK Anto Prabowo menyatakan Maybank Indonesia berhak menarik lagi kekayaan penggantian tersebut jika nasabah terbukti terlibat dalam hilangnya uang di rekening. Sejauh ini, pihak kepolisian masih terus mendalami kasus pembobolan tersebut.

“Proses hukumnya tetap berjalan tercatat kemungkinan menarik kembali  dana itu apabila aparat penegak hukum menemukan ada keterlibatan nasabah, ” ucap Anto kepada CNNIndonesia. com , Sabtu (14/11).



Anto membuktikan pihaknya akan melihat masalah pembobolan rekening ini dari dua sisi, yakni perbankan dan nasabah. Ia menyoroti sikap nasabah yang menandatangani blanko kosong dalam pembukaan bon di Maybank Indonesia.

“OJK meminta edukasi dan standard operating procedure (SOP) terhadap nasabah wajib diterapkan sesuai peraturan OJK mengenai perlindungan konsumen, ” kata pendahuluan Anti.

Sebelumnya, Pengaruh Hukum Maybank Indonesia Hotman Paris Hutapea memastikan kliennya akan mengganti saldo milik Winda yang lelap Rp22 miliar. Penggantian saldo itu dilakukan sebagai itikad baik Maybank Indonesia.

“Dia (Maybank Indonesia) mau bayar, Maybank bersedia bayar, walaupun ada keganjilan berat, ” kata Hotman.

Hotman menyatakan Maybank Indonesia bersedia bayar asalkan tersedia kesepakatan yang saling menguntungkan (win win solution) bagi kedua belah pihak.

Sebab, dengan hukum sebenarnya Maybank Indonesia belum diwajibkan untuk membayar ganti celaka kepada Winda.

Tetapi, Hotman tak menjelaskan lebih lanjut mengenai bentuk win-win solution dengan dimaksud. Ia bilang Winda mampu datang ke Kedai Kopi Johny untuk membahasnya lebih lanjut.

“Makanya, datang ke Tiruan Johny, saya akan minta Maybank Indonesia untuk bayar. Sudah sempurna. Dia (Maybank Indonesia) mau bayar asalkan win win solution, ” pungkas Hotman.

(aud/ain)

[Gambas:Video CNN]